Siswa SMA Negeri 3 Salatiga Mengikuti Sosialisasi P3DN

Sebanyak 55 siswa SMA Negeri 3 Salatiga mengikuti Sosialisasi Peningkatan Produk Dalam Negeri ( P3DN) pada Kamis, 12 Oktober 2023 di Aula Smantisa. Kegiatan ini dibuka Kabid Perdagangan Dalam Negeri Sucahyo, SH, MM. didampingi Kepala SMA 3 Drs. Suyitno, M.Pd.

Sosialisasi yang diprakarsai Disperindag Salatiga ini menampilkan tiga narasumber, yaitu PJ Walikota Salatiga Drs. Sinoeng Noegroho Rachmadi, MM, Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah Drs. H. Yusuf Hidayat, MH, dan Dosen FEB UKSW Linda Ariany Mahastanti, SE, M.Sc. dengan moderator Hamdan Nur Cholis, S.Pd.

Dalam sambutannya, Sucahyo mengatakan bahwa di era globalisasi saat ini, perkembangan kebijakan perdagangan semakin terbuka sehingga mempermudah masuknya produk lokal. 

"Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Produk impor sangat disukai masyarakat, terutama kawula muda karena prestise," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, prooduk dalam negeri sebenarnya tidak kalah secara kualitas. Tanpa disadari produk lokal semakin lama semakin kalah karena media sosial pun semakin mempercepat pemasaran produk luar.

Kegiatan sosialisasi di SMA 3 Salatiga ini, tambahnya, bertujuan membangun kecintaan akan pentingnya menggunakan produk dalam negeri. 

"Sosialisasi ini diharapkan bisa mendorong generasi muda, terutama untuk memakai produk dalam negeri sehingga akan berdampak juga dalam bidang ekonomi. 

Dengan mencintai produk dalam negeri, tambahnya,  berarti kita membantu pengusaha lokal untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dan juga keluarga. Karena secara tidak langsung akan menyerap banyak sumber tenaga kerja lokal.

Sinoeng yang menyampaikan materi " Strategi Pemerintah Kota Salatiga dalam Penerapan P3DN bagi Generasi Z" menyinggung modal utama yang harus dimiliki para wirausahawan serta upaya untuk memajukan usahanya. 

Dijelaskannya bahwa integritas merupakan modal utama yang ditunjang oleh kecakapan dan keahlian lainnya. Para pelaku usaha, tegasnya, harus memperhatikan branding, marketing, selling, dan networking.

Usai Sinoeng memberikan materi secara komunikatif dan meniggalkan SMA 3, materi dilanjutkan oleh Yusuf Hidayat yang menyampaikan "Bangga dan Cintai Produk dalam Negeri" dan Linda Ariany dengan materinya "Penggunaan Produk dalam Negeri bagi Generasi Muda". 

Kegiatan yang berlangsung sekitar 2,5 jam itu berlangsung lancar dan komunikatif. Para peserta yang didominasi pengurus OSIS dan MPK tampak antusias memberikan tanggapan terhadap para narasumber.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar