SMA Negeri 3 Salatiga Bertekad Mewujudkan Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Digital

Menyesuaikan diri dengan kodrat zaman, SMA Negeri 3 Salatiga mewujudkan terwujudnya sistem informasi manajemen sekolah berbasis data digital. Dengan demikian, diharapkan warga sekolah dan masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi yang berkaitan dengan SMA 3 Salatiga. 

Karena itulah bidang Manajemen Mutu SMA 3 Salatiga menyelenggarakan Pelatihan IHT Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Data Digital pada Jumat siang, 3 November 2023 

Kegiatan IHT ini diikuti 88 peserta yang terdiri dari guru, tenaga kependidikan, dan tenaga kebersihan sekolah. Narasumber dalam IHT ini adalah Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. dan Kepala Cabang Dinas Wilayah V Agung Wijayanto, S.Pd., M.Pd. sebagai pembicara kunci sekaligus membuka kegiatan IHT. 

Dalam perayaannya, Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. mengatakan, dengan diselenggarakannya Sistem Informasi Manajemen Sekolah Berbasis Digital diharapkan para guru dan karyawan lebih mudah mengakses informasi data. 

“Jadi, Bapak Ibu bila membutuhkan data (informasi) tidak harus selalu ke TU, terus bertanya pada Mbak Ihya (Kepala TU, red).
Tapi cukup membuka data yang ada di sistem informasi,” katanya. 

Sedangkan Agung Wijayanto memaparkan kebijakan-kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan dunia pendidikan. 

“Tugas cabang dinas adalah mem-break down visi misi dinas induk (provinsi) dalam rangka menyejahterakan masyarakat di Jawa Tengah,” terang Kacabdin yang juga masih menjabat Plt. Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Surakarta ini. 

Antara misi dinas induk yang saat ini sudah dan sedang dilakukan adalah memberikan akses pendidikan seluas-luasnya kepada agar menjadi masyarakat lebih cerdas untuk mengurangi kemiskinan. Hal ini diwujudkan dengan adanya sekolah gratis.

Dikatakannya, salah satu bentuk intervensi pemerintah adalah digitalisasi sekolah. 

Misi lainnya adalah terselenggaranya tata kelola keuangan yang sejalan dengan pemerintah pusat sehingga tata kelola keuangan di Jawa Tengah aman dari aspek hukum.

Kegiatan IHT yang dimulai setelah pelaksanaan ibadah Jumat inipun berakhir pada pukul 14.45.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar