Apel Halalbihalal SMA Negeri 3 Salatiga

Masuk hari pertama usai libur hari raya Idulfitri, SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan apel pagi pada Selasa, 16 April 2024. Apel pagi ini digunakan sebagai ajang untuk kegiatan halalbihalal. Apel halalbihalal diikuti segenap guru, tenaga kependidikan, dan siswa kelas X dan XI. 

Mewakili siswa, Ketua OSIS Alfira Khairunnisa mengajak kepada seluruh siswa untuk mau membuka hati, meminta dan memberikan pintu maaf baik kepada para guru maupun Tendik.. 

Sementara Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. dalam sambutannya mengatakan bahwa halalbihalal merupakan budaya bangsa Indonesia yang sangat baik dalam rangka mempererat tali persaudaraan. Untuk itu, dalam kesempatan tersebut Drs. Suyitno baik secara pribadi maupun kedinasan juga mohon maaf dan memberikan pintu maaf terhadap siswa. 

Adapun hikmah halalbihalal disampaikan oleh Muh Sukron, M.Pd.I. Dengan memberikan sentilan dikatakannya bahwa kesalahan atau dosa yang dibuat para siswa itu sebenarnya hanya satu.

"Dosa kalian itu sebenarnya hanya satu dosa. Apa itu? Yaitu dosakarepe dhewe (berbuat sesuka hati). Namun, dari satu dosa inilah akan timbul kesalahan-kesalahan lainnya."

Karena itu , lanjutnya, manusia harus kembali kepada fitrahnya, yaitu fitrah pada penciptaan Nabi Adam. Karena Adam berasal dari tanah, maka hendaknya kita memiliki sifat seperti tanah, yakni sabar, menutup aib, dan membalas dengan banyak kebaikan. 

"Jangan sampai merasa paling suci, paling tidak pernah berbuat salah sehingga tidak pernah mau meminta maaf kepada orang lain," pungkasnya. 

Apel halalbihalal diakhiri dengan  musafahah(bersalam-salaman) antara guru, Tendik, dan siswa. Para siswa menyalami para guru dan Tendik yang berdiri berderet dari depan Aula Smantisa hingga Grha Narpati.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar