Drs. Suyitno: Perlu Dicari Upaya agar Lulusan yang Lolos PTN Meningkat secara Kualitas

"Perlu didesain agar hasil lulusan yang masuk perguruan tinggi negeri naik tidak hanya secara kuantitas, tapi juga kualitas," kata Kepala SMA Negeri 3 Salatiga Drs. Suyitno, M.Pd. saat memberikan pembinaan terhadap segenap guru dan tenaga kependidikan (Tendik) di Ruang Guru pada Senin pagi, 22 April 2024. 

Hal ini dikatakannya mengingat jumlah siswa kelas XII yang diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) melalui jalur SNBP  pada tahun ini secara kuantitas sudah melebihi ekspektasi, yakni 77 orang. 

Karena itu, Kepala Sekolah menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berperan dalam upaya meningkatkan persentase siswa yang lolos SNBP. 

Namun demikian, imbuh Kepala Sekolah,  ke depan para guru perlu memikirkan bagaimana agar peningkatan siswa yang lolos PTN itu juga dibarengi secara kualitas. 

Dalam pembinaan yang dihadiri para wakil kepala sekolah dan Kepala TU Ihya Humaida, SE itu, Kepala Sekolah juga menekankan pentingnya memantau kedisiplinan para siswa. Walikelas dan guru kelas diminta untuk lebih peduli terhadap para siswa karena mendidik siswa sudah menjadi kewajiban para guru. Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Waka Kurikulum Inti Artini Palupi, Waka Sarpras Budi Utami, dan Waka Kesiswaan Agus Nugroho saat menyinggung tentang kepedulian terhadap siswa dan sarana prasarana sekolah. 

Dalam pembinaan yang berlangsung satu setengah jam itu, Kepala Sekolah juga meminta kesiapan para guru dan Tendik dalam menghadapi perubahan dalam dunia pendidikan, termasuk kebijakan, yang terkadang berubah dengan cepat. Hal ini, sambungnya, sudah pasti akan membawa dampak pada kebijakan di tingkat sekolah. 

"Jadi, kalau nanti di sekolah kita Ibu/Bapak juga melihat ada perubahan, saya berharap Ibu/Bapak sudah tidak kaget lagi," tegasnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar