Gudep Kamajaya-Kamaratih SMANTISA Menyelenggarakan Mugus

Pangkalan Gudep 01.015-01.016 Kamajaya-Kamaratih SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan musyawarah gugus depan (mugus) pada Jumat, 19 April 2024 di Aula Smantisa. Mugus yang berlangsung 2,5 jam ini dihadiri sekitar 70 peserta. Mereka terdiri dari Mabigus, Pembina, dan Dewan Ambalan masa bakti 2023 dan 2024. 

Salah satu Pembina Siti Mardiyah, S.Pd. mengatakan, mugus ini bertujuan untuk menerima laporan pertanggungjawaban pengurus lama, merencanakan program kegiatan tahun mendatang, dan memilih pengurus baru. 

"Tujuannya untuk LPJ pengurus lama, merencanakan program kegiatan tahun mendatang dan memilih ketua Pradana yang baru," katanya 

Kegiatan mugus dibuka secara resmi oleh Kepala SMA Negeri 3 Salatiga Drs. Suyitno, M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah mengatakan betapa pentingnya mugus untuk menentukan langkah kegiatan setahun ke depan. Untuk itu, Kepala Sekolah yang bertindak sebagai Kamabigus berharap masukan-masukan yang baik dari peserta Mugus untuk melanjutkan kegiatan gugus depan SMA 3. 

Kepada para pembina, Kepala Sekolah berharap agar tidak terlalu merisaukan keputusan Mendikbud yang tidak lagi menjadikan Pramuka sebagai kegiatan ekstra wajib. Namun, sebagai sebuah keputusan pemerintah, para pembina tetap wajib mematuhi keputusan tersebut. 

Karena ada perubahan status kegiatan Pramuka, Kepala Sekolah berharap ada kolaborasi dengan kesiswaan di awal kegiatan pembelajaran dalam menyebarkan angket terhadap pilihan ekstrakurikuler bagi siswa. 

"Mungkin bisa diupayakan agar kegiatan yang dikemas menjadi lebih menarik," tegasnya.  

Ditambahkannya, di kelas X,  pembinaan Pramuka merupakan tugas guru karena hakikatnya seluruh guru termasuk sebagai pembina Pramuka 

"Pada pembina, tolong, aturan tentang kepramukaan dipelajari. Perhatikan rambu-rambu dalam pedoman tersebut agar tepat dalam melangkah," katanya. 

"Dengan status yang mengalami sedikit perubahan, semoga tidak menyurutkan kegiatan kepramukaan di gudep SMA kita," tutupnya. 

Dalam rapat pleno yang dipimpin oleh Muh. Sukron, M.Pd.I ini, Rif'an Hazzar Pangestu (XI-7) terpilih sebagai Pradana putra dan Widya Meliawati (XI-2) sebagai Pradana putri masa bakti 2024/2025.  Sedangkan Steven Radhitya (XI-2) dan Umi Syarifah (XI-9) terpilih sebagai Pemangku Adat. 

Ketua Gugus Depan 01.015 Kamajaya dipegang oleh Muh Sukron, M.Pdi., sedangkan Ketua Gugus Depan 01.016 Kamaratih dipegang oleh Siti Mardiyah, S.Pd.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar