SMA Negeri 3 Salatiga Melaksanakan Verifikasi Nilai Jelang Pengumuman Kelulusan Siswa

Bidang Kurikulum SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan verifikasi nilai siswa kelas XII pada Jumat pagi, 3 Mei 2024 di ruang kelas XII IPS 2. Verifikasi yang dipandu langsung oleh Waka Kurikulum Inti Artini Palupi, S.Pd., M.Si. itu dipantau langsung oleh Kepala Sekolah Drs. Suyitno,M.Pd. Verifikasi ini melibatkan team kurikulum, seluruh Walikelas XII yang masing-masing didampingi seorang verifikator. 

Dalam arahannya, Drs. Suyitno mewanti-wanti para verifikator (Walikelas dan pendamping) untuk benar-benar mencermati nilai yang sudah diolah oleh team kurikulum. 

Adapun nilai-nilai yang diverifikasi meliputi nilai rerata rapor semester 1 sampai semester 6, nilai PSAJ dan nilai ujian praktik. Beberapa hal yang harus diperhatikan oleh verifikator adalah apakah masih ada nilai di bawah KKM, apakah masih terdapat siswa yang belum memperoleh nilai, atau adakah jumlah rerata nilai yang bermasalah. Verifikasi ini penting dilakukan agar tidak merugikan siswa ketika memperoleh nilai  akhir di rapor dan ijazahnya. Jika nilai-nilai yang diperoleh siswa sudah sebagaimana mestinya maka siswa tersebut sudah memenuhi salah satu prasyarat untuk dinyatakan lulus dari satuan pendidikan. 

Hasil verifikasi ini akan dibawa dalam forum rapat pleno pada Senin siang (6/5) guna mendapatkan pengesahan setelah siswa memenuhi prasyarat lainnya dengan mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Sementara itu, dalam  edaran Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V yang diterima sekolah pada Jumat petang disebutkan beberapa ketentuan tentang pelaksanaan kelulusan siswa kelas XII jenjang SMA/SMK/SMALB tahun 2024. Dalam surat bernomor 400.3/517 tertanggal 3 Mei 2024 itu disebutkan antara lain bahwa pengumuman kelulusan akan dilakukan serentak pada Senin, 6 Mei mulai pukul 16.30. Selain itu juga disebutkan bahwa satuan pendidikan harus memastikan seluruh siswa dan orang tua sudah menerima hasil pengumuman pada pukul 18.00.

Mengacu pada edaran tersebut maka pengumuman kelulusan siswa kelas XII SMA Negeri 3 Salatiga dapat diakses di https://www.sman3sltg.sch.id/2023/05/pengumuman-kelulusan-kelas-xii-tahun.html

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar