Agus Nugroho: Kita Berada pada Fase Kebangkitan Kedua

 

Senin pagi, 20 Mei 2024. Sinar mentari sudah cukup menyengat lapangan upacara SMA Negeri 3 Salatiga. Pohon-pohon bungur di sekeliling lapangan yang mulai meluruhkan daun-daunnya takkuasa meneduhi peserta upacara yang berbaris rapi di lapangan. Ya, pagi itu segenap guru, karyawan, siswa kelas X dan kelas XI, serta mahasiswa praktikan sedang mengikuti upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional.

Bertindak sebagai pembina upacara Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Agus Nugroho, S.Pd. dan petugas upacara anggota Paskibra Pratita Wijaya. 

Dalam amanatnya, Agus Nugroho membacakan sambutan Menkominfo yang menyoroti peran gerakan Budi Utomo dalam mengantarkan kemerdekaan bangsa Indonesia. Juga dijelaskan peran dari gagasan RA. Kartini bagi kesadaran untuk kemerdekaan.

Dalam sambutan yang dibacakan Agus Nugroho ini, Menkominfo menegaskan bahwa bangsa Indonesia saat ini sedang berada pada fase kebangkitan kedua yang ditandai dengan beragam tantangan dan peluang baru.

“Hari ini, kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru,” katanya.

Selain membacakan sambutan Menkominfo, Agus Nugroho juga menekankan pentingnya para siswa untuk menghormati para guru. Dan yang tidak kalah penting adalah mengedepankan adab daripada ilmu. 

Setelah upacara, Waka Kesiswaan membagikan sertifikat dan hadiah kepada para pemenang lomba poster digital dalam rangka kegiatan Gebyar Bahasa yang diselenggarakan oleh Smantisa Library Club pada 7 Mei lalu. Sertifikat dan hadiah diberikan kepada lima peserta terbaik dari 12 peserta yang mewakili kelas X dan XI. Juara pertama sampai ketiga secara berurutan diraih oleh Jevier Niesya (XI-5), Fairuz Talitha Despa (X-8), dan Asyifa Mutiara (X-5).  Juara harapan 1 diraih oleh Diandra Anindhita Gadis dan Alena Fabrina Nayla (X-3), sedangkan Azzahra Salsabila (X-6) meraih juara harapan 2.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar