Dari IHT SMA Negeri 3 : 𝐆𝐮𝐫𝐮 𝐀𝐧𝐭𝐮𝐬𝐢𝐚𝐬 𝐆𝐮𝐧𝐚𝐤𝐚𝐧 𝐀𝐤𝐮𝐧 '𝐛𝐞𝐥𝐚𝐣𝐚𝐫.𝐢𝐝'

Bagian Pengembangan Mutu SMA Negeri 3 Salatiga yang dipimpin Waka Manajemen Mutu Dra. Kristin Yulianti, M.Pd. menyelenggarakan in House Training (IHT) Sistem Kredit Semester bagi seluruh guru SMA 3. Kegiatan IHT yang menampilkan GMT L2 sekaligus Google Certified Educator sebagai narasumber Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. itu diselenggarakan selama tiga hari, 6 – 8 September 2021 di Lab Besar Komputer SMA Negeri 3 Salatiga. Mengingat kondisi pandemi, peserta dibagi dalam dua shift pagi dan shift siang. Kegiatan IHT dibuka secara resmi oleh Plt. Kepala SMA 3 Drs. Suyitno, M.Pd. yang selanjutnya dirangkai dengan penyampaian materi.

𝗠𝗮𝘁𝗲𝗿𝗶
Dalam kegiatan IHT ini, narasumber membedah rumah belajar, materi akun '𝐛𝐞𝐥𝐚𝐣𝐚𝐫.𝐢𝐝' agar penggunaan akun pembelajaran ini dalam kegiatan pembelajaran dapat lebih optimal. Apalagi melalui akun belajar.id guru dapat sekaligus menggunakan berbagai macam aplikasi yang disediakan.
Para peserta tampak antusias mengikuti kegiatan IHT ini berbasis 𝗯𝗹𝗲𝗻𝗱𝗲𝗱 𝗹𝗲𝗮𝗿𝗻𝗶𝗻𝗴 ini. Buktinya, saat narasumber mempraktikkan meet, peserta yang sedang tidak terjadwal dalam sesi itu tetap bersemangat mengikutinya. Materi disajikan selain secara sinkronous tatap muka terbatas + daring menggunakan g-meet, materi juga asinkronous disediakan dalam google classroom yang interaktif.

Pada hari I materi mencakup Tantangan Learning Loss, Rancang Terap Protokol Kesehatan Ruang Kelas, SKS serta Memahami proses Pengembangan RKAS Tahun Ajaran 2021/2022, Google Classroom, Google Meet, Google Drive dan Google Forms. Sedangkan materi hari II meliputi Konsep Pengelolaan, Prinsip-prinsip, Pilihan Strategi, Memahami Alur Pembelajaran, Penyusunan Jadwal, Contoh Pembelajaran, serta Supervisi dan Pemantauan Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022, Meet + Slides, Meet + Jamboard, Berbagi Google Meet & Berkolaborasi di Jamboard serta Forms + Sheets. Pada hari III dibahas materi Penerapan Protokol Kesehatan, Tim SATGAS Covid-19, Ijin Orangtua, 5 Pertimbangan dan Antisipasi Potensi Penularan, Google slide, Rumah Belajar, Classroom+Slide, Membuat Asesmen di Google Forms, QR Generate dan Berkolaborasi membuat RPP Hyperdoc dengan Google Slide
𝗥𝗣𝗣 𝗛𝘆𝗽𝗲𝗿𝗱𝗼𝗰
Saptono Nugrohadi Google Certified Educator dan GMT L2 ini membimbing para peserta dari memulai aktivasi akun bagi guru yang belum melakukan aktivasi, mengoptimalkan berbagai aplikasi yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring seperti google form, classroom, google meet, jamboard, dan lainnya. Di pertemuan terakhir, para peserta diberi tugas menyusun RPP Hyperdoc satu lembar yang dipadukan dengan beberapa aplikasi dalam akun '𝐛𝐞𝐥𝐚𝐣𝐚𝐫.𝐢𝐝'

Sementara itu, Drs. Suyitno, M.Pd. saat membuka kegiatan IHT menekankan agar para peserta yang notabene adalah guru agar dapat terus menjaga protokol kesehatan. Apalagi saat ini, sambungnya, pihak Pemkot Salatiga sudah memberi lampu hijau bagi sekolah menangah atas di wilayah Kota Salatiga untuk menyelenggarakan PTM terbatas. Sehingga menjaga protokol kesehatan ini penting agar PTM benar-benar dapat segera terlaksana.


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar