Tugas Guru SMA 3 di Hari Guru Nasional 2021

Cahaya matahari menyelusup cerah di antara pucuk-pucuk bungur di sekeliling lapangan utama SMA Negeri 3 Salatiga pagi itu, Kamis, 25 November 2021. Di lapangan sudah tampak berbaris rapi siswa yang terjadwal PTM beserta guru dan karyawan. Siswa berseragam OSIS lengkap , guru dan karyawan mengenakan pakaian adat.

Ya, pagi itu segenap guru, karyawan dan siswa sedang melaksanakan upacara bendera dalam rangka hari guru nasional dan hari jadi PGRI yang ke-76. Ada yang istimewa pada upacara bendera kali ini. Semua petugasnya guru! Hanya seorang siswa yang bertugas memimpin lagu Hyme Guru dan Terima Kasih Guruku. Sedangkan pemimpin lagu lagu Indonesia Raya saat pengibaran bendera adalah Dra. Kristin Yulianti, M.Pd.

Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Agus Nugroho, S.Pd. Sedangkan Pembina Upacara adalah Ketua PGRI unit SMA 3, Supriyatin Widodo, M.Pd. Petugas pengibar bendera Agus Widiyanto, S.Pd., Saiful Barmawi, S.Pd., dan Muh Sukron, M.Pd.I. Komandan peleton ada tiga orang, yaitu Agus Supriyo, S.Pd., Budi Susila, S.Pd., dan Novembri Agus H., S.Pd. Sementara pembaca naskah UUD 1945 dan doa adalah Indri Hartani, S.Sos, M.Pd., dan Solikhin, S.Pd.I.

Saat membacakan amanat dari Mendikbud, Supriyatin Widodo yang saat ini dipercaya menjadi Waka Urusan Kurikulum menyatakan rasa terima kasihnya atas kerja keras dan dedikasi para guru dalam mendidik anak-anak Indonesia menjadi generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter.

“Jadi, hari ini adalah harinya semua Ibu dan Bapak guru di Indonesia untuk merayakan bersama seluruh pendidik di berbagai daerah. Namun bagai kami, setiap hari adalah hari guru, karena seperti Ibu dan Bapak guru yang tidak pernah berhenti mengabdikan diri untuk mendidik anak-anak kita,” puji mendikbud sebagaimana dibacakan oleh pembina upacara.

Namun begitu disadari bahwa selama hampir dua tahun perjuangan guru di tengah masa pandemi ini, ternyata masih ada di sementara daerah yang sulit akses internet sehingga banyak guru yang menantang risiko dengan mengajar dari rumah ke rumah.

Karena itulah Mendikbud mengajak kepada semua guru untuk menyatukan semangat guna mewujudkan merdeka belajart.

“Oleh karena itu, pada Hari Guru Nasional ini, maari kita semua menyatukan semangat dan bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar .”

Upaca bendera yang berlangsung selama hamper 45 menit ini berlangsung lancer dan khidmat.

Sedangkan acara tasyakuran Hari Guru di SMA 3 dilangsungkan pada siang harinya seusai PTM di Ruang Guru.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar