EDS: Sarana Evaluasi dan Resolusi SMA 3 Salatiga

 

SMA Negeri 3 Salatiga menyelenggarakan Evaluasi Diri Sekolah (EDS) pada Senin-Selasa, 20-21 Desember 2021 di Aula Smantisa. Kegiatan EDS itu melibatkan seluruh guru dan karyawan SMA 3 Salatiga. Kegiatan dibuka oleh Plt. Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd.

Daalam sambutannya, Plt. Kepala Sekolah menekankan perlunya para peserta mencermati program-program yang akan dilaksanakan pada tahun depan mengingat alokasi BOS mengalami penurunan. Usulan program dari peserta sangat diharapkan demi perbaikan rencana anggaran sekolah (RKAS). Hal ini sangat memungkinkan karena sekolah diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan selama empat kali dalam satu tahun anggaran.

“Kita, dalam setahun diberi kesempatan sebanyak empat kali untuk melakukan perubahan anggaran,”katanya.

Dalam EDS ini peserta dibagi menjadi lima tim atau komisi sesuai bidangnya, yakni tim mutu lulusan dan pembahasan, tim proses pembelajaran, tim mutu pendidik dan tenaga kependidikan, tim manajemen sekolah, dan tim pembiayaan sekolah. Masing-masing tim memaparkan evaluasi pelaksanaan kegiatan yang sudah berlangsung setahun sebelumnya dan rencana kerja setahun yang akan dating. Paparan  yang disampaikan oleh koordinator tim ini kemudian ditanggapi oleh peserta.

Di akhir kegiatan hari pertama, masing-masing tim menyusun rekomendasi yang akan dipaparkan oleh wakil kepala manajemen mutu Dra. Kristin Yulianti, M.Pd.

Pada EDS hari kedua yang dihadiri Komite SMA 3, Kristin Yulianti memaparkan hasil rekomendasi dari masing-masing tim. Ketua Komite Hj. Sri Wityowati, SE yang didampingi dua orang anggota komite, yakni  Amin Supatmo, SE. MM dan Dr. Imam Sutomo, M.Ag. dalam tanggapannya mengaku bahwa pihaknya (komite sekolah) saat ini tidak bisa berbuat banyak untuk menyiasati kondisi keuangan SMA 3 Salatiga yang sebelumnya disampaikan oleh Drs. Suyitno, M.Pd.

Namun begitu, dirinya mengaku senang karena pihaknya dilibatkan secara langsung dalam kegiatan EDS kali ini. Dia pun berharap agar kegiatan EDS seperti yang berlangsung saat itu untuk lebih sering diagendakan dengan melibatkan perwakilan dari OSIS sehingga dapat membawa kemajuan bagi SMA 3. Kegiatan EDS berlangsung lancar dan cukup meriah karena diselingi permainan-permainan sederhana.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar