Peringati Puncak Hari Dongeng Sedunia, Library Club Smantisa Bagi-Bagi Hadiah

Memeringati puncak Hari Dongeng Sedunia, SMA Negeri 3 Salatiga yang dimotori Library Club mengumumkan para pemenang lomba pada Selasa siang, 12 April 2022 di Aula Smantisa. Ada tiga lomba yang diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Dongeng Sedunia, yaitu lomba drama, cerpen, dan story telling. Laporan pelaksanaan lomba dan para pemenang dibacakan oleh Kepala Perpustakaan Dian Indrihartani, S.Sos, M.Pd.

Untuk lomba drama, kelas X mendominasi pemenang. Kelas X IPS 5 berhasil menjadi juara pertama dengan judul drama “When Will My Life Begine”, disusul kelas X Bahasa sebagai juara kedua dengan judul “Berani Mimpi” dan juara ketiga direbut kelas X MIPA 1 dengan judul drama “Swarna Abnu”. Hadiah lomba dan piagam penghargaan diserahkan secara langsung oleh Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd.

Baca juga : Terkesan dengan Program Peringatan Hari Dongeng, Yudhistira Beri Donasi

Untuk lomba cerpen, kelas XI mendominasi. Sofi Jihan Nabila (XI Bahasa) berhasil menjadi yang terbaik setelah cerpennya yang berjudul “Wira” berhasil menyisihkan 16 cerpen lainnya. Aisda Hilma Aulia (XI MIPA 5) dengan karya cerpennya “Masa” sebagai juara kedua, dan cepen “Carmila” karya Angela Dima (X IPS 4) berhasil menjadi juara ketiga. Hadiah lomba dan piagam penghargaan diserahkan Waka Kesiswaan Dra. Siti Nur Handayani.

Sementara untuk lomba story telling lagi-lagi didominasi kelas X. Annisa Rahma (X MIPA 3) juara pertama, Gading Risyad (X MIPA 1) juara kedua, sedangkan untuk juara ketiga terdapat dua peserta karena memeroleh nilai sama, yaitu Ahmad Faris (X IPS 2) dan Candrarini Trista (X MIPA 2). Hadiah lomba dan piagam penghargaan diserahkan oleh Kepala Libsamtisa Dian Indrihartani.

Dalam sambutannya, Drs. Suyitno sangat mengapresiasi lomba Hari Dongeng Sedunia di lingkungan SMA 3 yang diselenggarakan oleh perpustakaan sekolah Libsmantisa. Namun diharapkannya, dari hasil karya yang sudah dihasilkan oleh peserta lomba, ada tindak lanjutnya.

“Harapan saya, ada tindak lanjut dari hasil lomba ini sehingga dapat didokumentasikan,” katanya.

Karena itu, lanjutnya, diharapkan untuk lomba serupa di masa mendatang, lingkup lomba tidak hanya untuk siswa, tapi juga untuk guru dan karyawan sehingga dapat meningkatkan literasi sekolah.

Ditambahkan oleh Kepala Sekolah, hasil literasi sekolah dapat dikembangkan sebagai ciri khas kegiatan literasi SMA 3 dan menjadi salah satu keunggulan perpustakaan sekolah. Karena itu tidak menutup kemungkinan bahwa Libsmantisa dapat mengikuti lagi lomba perpustakaan tingkat nasional setelah beberapa waktu sebelumnya Libsmantisa berhasil di peringkat ke-7 nasional perpustakaan sekolah.

“Jika memungkinkan, perpustakaan sekolah kita akan maju lagi ke tingkat nasional. Saat ini pembenahan-pembenahan perpustakaan kita sedang dilakukan,” katanya.

Di penghujung sambutannya Kepala Sekolah berpesan kepada para pemenang lomba untuk tidak menjadi jumawa, tapi hal itu dapat membangkitkan untuk dapat berkarya lebih baik lagi. Sementara bagi yang belum berhasil menang dipesankan untuk tidak patah semangat dalam berkarya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar