Yuk Menjadi Duta UKS SMA Negeri 3 Salatiga yang KEREN (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik)

Duta UKS KEREN bersama Sunaryo Sridono, S.Kep., M.Kes Pemberdayaan Kesehatan DKK Salatiga

SALATIGA - SMA Negeri 3 Salatiga mengajak siswa siswi terbaiknya untuk menghadirkan perubahan nyata bagi UKS dengan mengikuti Program Pendidikan Duta UKS. Program ini adalah salah satu aksi nyata Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertemakan Bangunlah Jiwa dan Raganya dilaksanakan di ruang edutainment sekolah Rabu (14/12/2022). 

MONEV UKS SMA Negeri 3 Salatiga oleh Sunaryo Sidono, S.Kep., M.Kes DKK Salatiga

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd.,M.Si, penanggung jawab kegiatan P5 SMA Negeri 3 Salatiga menjelaskan, program pendidikan Duta UKS yang KEREN  (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik) tersebut diikuti siswa kelas X dengan menghadirkan para ahli dari Dinas Kesehatan. 

Duta UKS KEREN mengikuti Deteksi Dini Faktor Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (PTM-Keswa)
"Duta UKS sekolah adalah bagian dari Kader Kesehatan Sekolah (KKS) yang berperan untuk mendukung UKS mewujudkan siswa SMA Negeri 3 Salatiga yang Bersih, Sehat dan Berprestasi. Tiga Tugas duta UKS SMA Negeri 3 Salatiga adalah menolong dirinya sendiri dan orang lain untuk hidup sehat, menjadi promotor/penggerak dan motivator dalam upaya meningkatkan kesehatan siswa SMA Negeri 3 Salatiga dan lainnya termasuk melakukan rujukan ke pelayanan kesehatan/lembaga terkait," ujarnya.

Pria yang akrab disapa P Sapt tersebut menambahkan, bahwa pendidikan Duta UKS melalui P5 ini menjadi salah satu sarana penerapan Kurikulum Merdeka. Tujuannya adalah mencapai Profil Pelajar Pancasila, namun juga memberi kesempatan kepada siswa untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Salah satu sesi Pendidikan Duta UKS SMA Negeri 3 Salatiga yang KEREN

"Materi Pendidikan Duta UKS yang KEREN  (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik) meliputi Trias UKS, Ketrampilan Duta UKS, Media Sosialisasi Duta UKS yang Keren  (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik)," sambungnya.

Menurut Saptono, Duta UKS yang KEREN  (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik) sebagai projek penguatan profil pelajar Pancasila ini dimulai dengan penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Refleksi MONEV UKS SMA Negeri 3 Salatiga oleh DKK Salatiga kepada kepala sekolah  

UKS sebagai P5 ini diharapkan dapat membangun SMA Negeri 3 Salatiga yang Bersih, Sehat dan Berprestasi. Dalam pelaksanaannya, P5 di SMA Negeri 3 Salatiga dilakukan 142 jp menjadi 3 tahapan dan dipersiapkan sejak bulan oktober 2022. 

"Jadi waktu tersebut dipergunakan untuk bimbingan kepada Duta UKS SMA Negeri 3 Salatiga yang Duta UKS yang KEREN  (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik) melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Bimbingan dilakukan oleh guru yang disebut sebagai Fasilitator," bebernya.

Tahap pertama, kata Saptono, yakni orientasi dengan pengenalan kepada Duta UKS yang KEREN  (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik) tentang UKS. 

Duta UKS SMA Negeri 3 Salatiga yang KEREN

Tahap kedua, adalah tahap kontekstualisasi dalam hal ini Duta UKS yang KEREN  (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik) mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi UKS.

UKS untuk SMA Negeri 3 Salatiga yang Bersih Sehat dan Berprestasi 

Tahap ketiga, merupakan tahapan aksi nyata, dimana Duta UKS yang KEREN  (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik) membuat karya-karya yang bertema BSB - Bersih Sehat Berprestasi. 

Siswa dan GTK di UKS SMA Negeri 3 Salatiga sedang melakukan donor darah  

Berikut ini adalah tanggapan siswa tentang orientasi dan kebijakan program pendidikan Duta UKS yang KEREN (Kompeten, Empati, Ramah dan ENergik) sebagai bagian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertemakan Bangunlah Jiwa dan Raganya dengan Topik BSB - Bersih Sehat Berprestasi

Lebih ditingkatkan lagi 
Bagus
Semoga kedepannya lebihh seruu dann asikk lagiii
tidak ada
Mantap
Tidak ada
sangat baik dan penjelasan mudah di pahami 
harus semangat untuk kemajuan pelaksanaan duta UKS
Materinya bagus
Cukup .. pembahasan cukup menarik 
Masukan umum saya untuk duta UKS ini yaitu melakukan survei tempat bersama-sama dengan guru pendamping serta melakukan pelatihan penangan yang benar mengenai masalah kesehatan sekolah yang ada.
Apa yang di sampaikan hari ini bisa menjadi proker anak anak PMR
👍
Cukup bermanfaat 
Sebaiknya UKS nya juga di penuhi dengan obat obatan dan mendapatkan fasilitas yang baik , tempatnya juga harus di bersihkan dengan baik 
Sangat membantu untuk menambah pengetahuan tentang uks atau usaha kesehatan sekolah
kurang konsumsi
luar biasa. tingkatkan media sosialisasi yg digunakan & coba berikan sedikit ice breaking 
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar