GTK SMA Negeri 3 Salatiga Antusias Melakukan Aksi Nyata

Guru SMA 3 Salatiga mengikuti in house training (IHT) Perencanaan Pembelajaran dan Penilaian Merdeka di Aula Smantisa pada Selasa, 3 Januari 2023. IHT yang diprakarsai bidang kurikulum ini menampilkan narasumber Kelik Yan Pradana, S.Pd., MM juara guru Inspiratif 2022 yang juga duta rumah belajar Kemdikbud.

Dalam laporannya, ketua penyelenggara Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si. mengatakan bahwa Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. memberikan lampu hijau diselenggarakannya IHT yang menekankan pada aksi nyata para guru dalam platform merdeka mengajar (PMM). Hal ini mengingat, dari total 71 GTK yang terdaftar di akun belajar.id terpantau baru 44 yang melakukan login di PMM. Sedangkan yang dinyatakan lulus topik baru 14 orang.

Ketua penyelenggara lebih lanjut mengharapkan ada hasil nyata dari IHT yang berlangsung dari pukul 10 pagi itu mengingat sekolah sudah mengorbankan waktu belajar siswa secara luring meskipun siswa melanjutkan kegiatan belajar secara daring dari rumah.

Adapun maksud diselenggarakannya IHT ini adalah mendampingi para guru untuk membuat dan menyelesaikan aksi nyata dalam PMM. Sedangkan tujuannya adalah agar para peserta dapat menyelesaikan aksi nyata dan dapat mengaplikasikan canva dalam aksi nyata.

Para peserta tampak antusias mengikuti paparan narasumber yang juga menjadi google certified trainer itu dalam mengaplikasikan canva dalam aksi nyata PMM. Peserta dibagi menjadi 11 kelompok sesuai jumlah topik dalam PMM.

Kelik yang menjabat Waka Kurikulum di SMP K Krista Citra Parakan Temanggung itu juga memberikan trik agar aksi nyata diterima.

"Nah, ada tips agar aksi nyata kita diterima. Ada tiga komponen aksi nyata yang harus diperhatikan," katanya.

Ketiga komponen aksi nyata itu meliputi dokumentasi kegiatan, materi yang disampaikan, dan umpan balik.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar