Dr. Saptono Nugrohadi: Layar yang Sudah Kita Bentangkan Jangan Sampai Terlipat Lagi

"Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus kita lanjutkan, perjuangan mesti kita teruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita." 

Demikian dikatakan Pembina Upacara Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd., M.Si, saat membacakan sambutan Mendikbudristek dalam upacara bendera peringatan Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2023 di lapangan upacara SMA Negeri 3 Salatiga. 

Upacara bendera yang dilaksanakan pagi hari ini dihadiri oleh siswa, guru, karyawan dan mahasiswa praktikan ini berlangsung khidmat dan tertib. 

Dalam sambutan yang dibacakan itu lebih banyak disinggung mengenai Kurikulum Merdeka yang penerapannya dimaksudkan untuk lebih mendekatkan diri dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara.

Dengan Kurikulum Merdeka, anak-anak (murid) lebih tenang belajar, guru-guru lebih bebas berinovasi dan berbagi ilmu, para kepala sekolah dan kepala daerah dapat memonitor kualitas pendidikan di sekolahnya atau di wilayahnya untuk selanjutnya melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Dengan Kurikulum Merdeka, para mahasiswa dapat melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus. 

Pemanfaatan BOS dan BOP sekarang juga lebih transparan dan fleksibel guna meningkatkan kualitas pendidikan. 

"Oleh karena itu," kata Saptono menutup pembacaan sambutan Mendikbudristek, "mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik generasi Pelajar Pancasila yang cerdas, berkarakter dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan."

Menyambung sambutan yang dibacakan, Saptono Nugrohadi juga menyampaikan agenda besar yang akan dihadapi para siswa kelas X dan XI, baik yang berkaitan dengan pembelajaran, projek P-5, penilaian atau asesmen, maupun penyampaian laporan hasil belajar. Tidak lupa disinggung pula mengenai agenda kelulusan dan perpisahan dengan siswa kelas XII.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar