Guru SMA 3 Mengikuti AKM

 

Asesmen Kompetensi Minimal (AKM) ternyata cukup menarik karena memerlukan pengetahuan lintas disiplin ilmu dalam memahami tiap butir soal yang tersaji. Guru non-eksak mesti mengenal istilah-istilah dalam matematika, seperti median, modus, rentang nilai, dan simpangan baku. Sebaliknya, guru eksak juga harus bisa memahami teks dan cara menemukan ide pokok paragraf. Begitulah gambaran pelaksanaan AKM di SMA pada Rabu pagi, 26 Februari 2020. Kegiatan AKM yang dilaksanakan di Lab Komputer 4 ini diikuti 23 orang guru. Mereka terdiri dari 18 guru yang mengampu mapel UN beserta 5 Wakil Kepala Sekolah.

Kegiatan AKM ini terbagi dalam dua sesi, yaitu uji literasi dan studi kasus. Dalam uji literasi ada dua jenis, yaitu literasi numerik dan teks. Sementara dalam studi kasus disajikan soal-soal studi kasus yang biasa terjadi dalam dunia pendidikan. Tak jarang kasus itu dihubungkan dengan kejadian dalam masyarakat, misalnya saat siswa diterjunkan di lokasi bencana.

Para guru yang mengikuti Ujian AKM sejak setengah 8 pagi itu didampingi Bangun Nugroho dan Jundi Azis sebagai proktor dan Yonara Yudiapasa sebagai teknisi.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar