CLingS : Gelar Karya P5 Tema 1 SMA Negeri 3 Salatiga

Keterangan gambar : Seni mural topik Cinta Lingkungan Sekolah

SALATIGA - Siswa SMA Negeri 3 Salatiga, mengadakan Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertemakan Gaya Hidup Berkelanjutan, Jumat (26/8/2022). Gelaran itu melibatkan sedikitnya 408 siswa kelas X yang berlangsung di kampus SMA Negeri 3 Salatiga.

Keterangan gambar : Salah satu karya mural CLingS sebagai P5  

Dr. Saptono Nugrohadi, M.Pd.,M.Si, penanggung jawab kegiatan Gelar Karya P5 siswa SMA Negeri 3 Salatiga menjelaskan, ratusan siswa tersebut merupakan siswa kelas X yang terbagi dalam 12 kelas. Gelar Karya P5 ini juga dihadiri seluruh elemen sekolah, komite dan seluruh orang tua siswa kelas X.

"Gelar Karya dengan Tema 1 Topik CLingS akronim dari Cinta Lingkungan Sekolah ini dipilih oleh SMA Negeri 3 Salatiga sebagai projek pertama implementasi P5 pada Tahun Pelajaran 2022 – 2023 untuk mendukung upaya SMA Negeri 3 Salatiga sebagai sekolah berbudaya lingkungan atau Sekolah Adiwiyata Nasional ," ujarnya.

Keterangan gambar : Karya-karya mural CLingS hasil P5

Pria yang akrab disapa P Sapt tersebut menambahkan, bahwa P5 menjadi salah satu sarana penerapan Kurikulum Merdeka. Selain untuk mencapai Profil Pelajar Pancasila, namun juga memberi kesempatan kepada siswa untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

"Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari pembelajaran intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler," sambungnya.

Menurut Saptono, projek penguatan profil pelajar Pancasila ini dimulai dengan penyiapan ekosistem sekolah, desain projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengelolaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, pengolahan asesmen dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Keterangan gambar :  Siswa siswi sedang membuat mural CLingS

P5 ini diharapkan dapat membangun masyarakat yang inklusif, adil dan berkelanjutan. Dalam pelaksanaannya, P5 di SMA Negeri 3 Salatiga dilakukan menjadi 3 tahapan dan dipersiapkan sejak bulan Juni 2022. 

"Jadi waktu tersebut dipergunakan untuk bimbingan pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Bimbingan dilakukan oleh guru yang disebut sebagai Fasilitator," bebernya.

Tahap pertama, kata Saptono, yakni pengenalan kepada siswa tentang dampak yang ditimbulkan oleh debu, kotoran serta cuaca pada gedung sekolah.

Tahap kedua, adalah tahap kontekstualisasi dalam hal ini siswa mengidentifikasi permasalahan dampak debu, kotoran serta cuaca pada kusamnya gedung sekolah.

Tahap ketiga, merupakan tahapan aksi dimana siswa SMA Negeri 3 Salatiga membuat karya seni visual mural yang bertema Cinta Lingkungan Sekolah disingkat CLingS.

Gelar Karya ini sangat semarak. Sebab, diisi dengan berbagai ragam kegiatan dan karya mural. Acara Gelar Karya dimulai dengan sajian Tari Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan secara massal oleh 408 siswa kelas X dan dilanjutkan pameran karya Seni Visual Mural CLingS. 

Baca juga : SMA Negeri 3 Salatiga Menyelenggarakan IHT Pengelolaan P5 

Sedikitnya 500 pengunjung gelar karya (orang tua siswa, GTk dan perwakilan siswa) hadir dan menikmati Seni Visual Mural Cinta Lingkungan Sekolah CLingS karya siswa siswi kelas X SMA Negeri 3 Salatiga. Sebanyak 95,6% pengunjung Gelar Karya P5 menyatakan bahwa pemilihan CLingS sangat relevan dengan TopiK P5 untuk dimensi Beriman Bertaqwa kepada Tuhan YME, Kreatif, Berpikir Kritis & Gotong Royong   

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Seberapa relevan dan bermanfaat  Gelar Karya P5 Tema 1 SMA Negeri 3 Salatiga dengan Topik Seni Visual Mural Cinta Lingkungan Sekolah ini bagi Anda?. Jumlah jawaban: 90 jawaban.
Keterangan gambar : Gelar karya siswa relevan dengan TUPOKSI pengunjung 

Saptono menyebut 91,2% pengunjung dari unsur sekolah hingga orang tua siswa menyatakan puas. Selesai Gelar Karya, para siswa kelas X ini diajak untuk melakukan refleksi dan melakukan evaluasi berikut ini hasilnya 

Diagram jawaban Formulir. Judul pertanyaan: Seberapa puas Anda dengan Gelar Karya P5 Tema 1 SMA Negeri 3 Salatiga dengan Topik  Seni Visual Mural Cinta Lingkungan Sekolah ini ?. Jumlah jawaban: 90 jawaban.
Keterangan gambar : Pengunjung sangat puas dengan Gelar Karya Siswa 

''Tidak sekedar siswa kreatif menghasilkan karya mural CLingS, gelar karya P5 siswa ini diharapkan semakin menumbuhkan iman taqwa kepada Tuhan YME berakhlak kepada alam/ lingkungan sekolah, berpikir kritis dan gotong royong serta kolaborasi siswa," pungkas Saptono.

Keterangan gambar :  Tanggapan pengunjung Gelar Karya P5 siswa 

Berikut ini adalah tanggapan pengunjung Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bertemakan Gaya Hidup Berkelanjutan dengan Topik Seni Visual Mural Cinta Lingkungan Sekolah

Top
Sangat baguss semua berjalan lancar 
Diharapkan semoga kedepannya lebih bagus 
Diharapkan kedepannya semakin menarik dan kreatif.
Senang karena bisa menambah kekompakan dalam melaksanakan P5 ini
sangat bermanfaat
kedepannya lebih sesuai tema/mengganti tema mural yang lebih menarik oleh wali siswa atau siswa siswi
Tidak ada
Keren
Bagus sekali
Dibeberapa mural ada yg belum selesai 
Tolong kuas nya ditambah
Puas
Waktu mengecat nya ditambah
tambah di kembangkan
Mohon ditambah sirkulasi udara di gedung aula, terima kasih.
Bagus dan meningkatkan ketertiban agar suasana lebih tenang
Sebaiknya dipersiapkan lebih awal dan juga dalam ruang kelas juga agar anak2 tambah semangat belejarnya. Anak2 juga sangat antusias. Setiap pulang sekolah bercerita ttg mural di sekolah
Semangat,spy bs berkarya lebih baik lg dgn d dampingi bapak ibu guru
keren dan baik lagi
Menambah lokasi melukis 
Sangat baik orang tua siswa dihadirkan ke sekolah untuk mengkomunikasikan hasil karya siswa
Bagus dan kreatif, namun agak berdesak-desakan saat orang tua menyaksikan gelar karya. Masukkannya agar saat keluar dari aula mohon dibuat per kelas.
Membuat jadwal acara lebih tertata supaya tidak ada salah komunikasi mau pun kebingungan.. dan juga jadwal pengecatan lebih dikondisikan
Menurut saya ini bagus dan di maksimal kan lagi dan lebih di tertib kan
Terbentuknya siswa yg memiliki bakat visual mural melalui ekstrakulikulal mural untuk dikembangkan dlm ekstrakulikuler sekolah.Kami sbg orangtua,merasakan ada pembelajaran yg nyata bagi anakanak.Ternyata untuk melihat lingkungan bersih,indah,nyaman diperlukan duatu perjuangan yg berat dan luar biada.Anakanak merasakan keterlibatannya dalam berkarya,untuk mewujudkan nya tidak langsung hanya bisa menikmatinya
Pemilihan dan panataan jadwal agar lebih relevan
Pelaksanaan yang baik, membuat siswa lebih kreatif
cukup menarik
Menarik
sudah bagus, anak2 jadi terlatih untuk bisa bekerja secara tim.dan lebih peka terhadap lingkungan sekitar.
Untuk permulaan sudah sangat bagus.. Semoga ke depannya bisa menghasilkan karya-karya yang semakin jauh lebih baik lagi.. 
Terus ditingkatkan, dan selalu mendukung dan mengembangkan karya² yang dimiliki siswa
Alhamdulillah dengan adanya Gelar Karya P5 semoga membawa siswa siswi SMA 3 utk ke depan lebih termotivasi dalam berkreasi lagi
Tidak ada
Bagus
Sudah sangat bagus.
Sangat bermanfaat dan asik
Semoga dpt diimplementasikan dlm diri anak2 secara nyata
mural di sma 3 ini sangat bagus, karena dapat meningkatkan kreativitas
Ya bagus sih tpi kurang puas
semoga kedepannya kegiatan ini bisa terus menerus di gelar di smantisa 
Mantap
Sangat seru
sangat seru
Semoga lukisan muralnya awet
tingkatkan lebih baik lagi
sangat senang
Mural cocok dengan penggambaran SMAN 3 sebagai Adiwiyata.
senang 
Senang
Gambar sulit dimengerti 
Menurut saya pelaksanaan Gelar Karya P5 Tema 1 SMA Negeri 3 SALATIGA dengan Topik Seni Visual Mural Cinta Lingkungan Sekolah sudah dilaksanakan dengan baik tetapi kedepannya mungkin bisa dilaksanakan lebih baik lagi
Bagus
Sudah baik 👍
Perlu tampilan karya dari daur ulang sampah plastik.
Baik semakin d tingkatkan
Bagus. Agak bingung saja, tiba2 diminta mengisi kuesioner ini. Mungkin ada miskomunikasi antara siswa, ortu dan guru. 
Lebih di siapkan jauh hari sehingga akan semakin hebat lagi 
Lebih sering di adakan
Selamat dan sukses selalu...
Dapat lebih dikembangkan dengan tema yang lebih spesifik
Keren
semakin ditingkatkan
Semoga dpt memberi wawasan kepada anak,untuk selalu berkarya
Semoga murid SMA 3 semakin kreatif lagi dalam kegiatan P5
Lebih ditingkatkan lagi
Sudah sangat baik, pertahanan dan tingkatkan kreatifitas dan peserta didik di bidangnya masing" agar semakin HEBAT BERSAMA 💪💪💪🙏
Sudah bagus dan semoga bisa membangun jiwa seni siswa dalam berkreasi..inspiratif 
Tingkatkan kreatifitas
Keren
Untuk gambar bisa lebih bervariatif dan kreatif lagi, saat ini sudah cukup bagus,tetapi gambarnya mirip dengan ruangan kelas, bisa lebih kreatif lg dlm pemilihan gambar mural. 
Berharap bisa lebih membantu  mengasah kemampuan siswa
Secara umum sudah sangat bagus  & bermanfaat  krn para siswa tidak merasa jenuh disekolah  agar proses belajar mengajar berjln lancar 
Untuk gelar karya tema - tema berikutnya dokumentasiny bisa di share kepada orang tua terima kasih
Bagus sekali
Menarik
Bagus, Sangat bermanfaat
Perlu ditingkatkan dengan inovasi yang lebih kreatif  sesuai dengan  usia teman teman sma, sehingga tema atau topik yang diangkat  lebih terlihat nyata.
Sudah baik perlu ditingkatkan kembali
Sudah cukup bagus..hanya pesan belum tersampaikan maksimal, mungkin krn belum final jg.
Digali lagi potensi anak
Sudah bagus, tetapi lebih baik lagi kalau gambar yang belum di cat, di cat kembali agar terlihat lebih berwarna.
lebih ditingkatkan kualitas siswanya
Sudah sangat baik kegiatannya, bisa lebih ditambahkan lagi kegiatan yg mengasah kreativitas anak dan membimbing mereka utk mencintai lingkungan sekaligus belajar bekerjasama
Sangat bagus .. membantu mengembangkan sisi seni anak anak .,. 
Untuk dapat lebih membantu pihak sekolah dalam memfasilitasi pelaksanaan project ini sebaiknya orangtua juga dilibatkan hal pendanaan supaya bisa mencapi hasil maximal dan meringankan beban sekolah
Tema bagus,kegiatan ini sangat bagus,waktu pelaksanaan lebih diperpanjang seminggu bs 2-3x pertemuan sehingga menghasilkan karya yg lbh maksimal.
Sangat mendukung kegiatan2 disekolah
Terus dan lanjutkan kegiatan yg baik ini.  
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar