SMA Negeri 3 Salatiga Menyelenggarakan IHT Asesmen Kurikulum Merdeka

Membekali para guru dalam implementasi kurikulum merdeka, bidang kurikulum SMA Negeri 3 menyelenggarakan In House Training (IHT) IKM asesmen dalam RPP dan Modul Ajar di Aula Smantisa pada Selasa, 20 September 2022. 

Kegiatan yang ditujukan bagi guru pengajar kelas X ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Suyitno mengatakan bahwa pelatihan kurikulum merdeka ini merupakan tindak lanjut dari pelatihan sebelumnya. Diharapkan dengan IHT ini para guru lebih memahami bagaimana melaksanakan penilaian bagi siswa kelas X yang menggunakan kurikulum merdeka.

IHT Asesmen yang berlangsung dari pagi hingga siang hari ini menampilkan narasumber Duwi Ratnaningsih, S.Pd.S.i, M.Pd. dari sekolah penggerak SMA Negeri 2 Klaten. Dalam paparannya, Duwi Ratnaningsih menjelaskan perbedaan dan fungsi antara asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif.

Dalam paparannya, Duwi yang sehari-hari mengampu mapel kimia ini juga menegaskan bahwa rubrik penilaian yang kriteria penyusunannya melibatkan siswa dapat meningkatkan kompetensi siswa.

Selama ini, paparnya, penilaian atau asesmen yang dilakukan guru lebih menitikberatkan pada capaian hasil (asesment of learning). Sementara asesmen selama kegiatan berlangsung (asesment as learning) dan asesmen untuk perbaikan (asesment for learning) belum banyak dilakukan.

Di akhir IHT, dua guru matematika SMA 3 yaitu Retno Giyanti, S.Pd. dan Agung Fitriantoro, S.Pd. melakukan deseminasi hasil pelatihan yang selama ini diikuti oleh mereka.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar