Dari Apel Senin Pagi hingga Banjir Prestasi

Senin pagi, 14 November 2022, matahari bersinar cerah. Lapangan utama SMA Negeri 3 Salatiga masih basah oleh sisa hujan sehari sebelumnya. Meski begitu, warga SMA Negeri 3 Salatiga tampak antusias mengikuti apel pagi. Guru, karyawan, mahasiswa praktikan, dan siswa berbaris rapi di lapangan.

Kepala sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. menyampaikan empat pesan atau amanat kepada peserta apel pagi itu. 

Pertama, warga SMA 3 diminta untuk tetap mewaspadai perkembangan covid dan tetap menjaga prokes. 

"Di beberapa negara bahkan memberlakukan lagi lockdown," katanya.

Kedua, pihak sekolah, kata Kepala Sekolah, memberikan apresiasi kepada para siswa yang telah berprestasi selama kurun Oktober- November baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Sementara bagi siswa yang belum menorehkan prestasi, Drs  Suyitno berpesan agar tidak patah semangat. 

Ketiga, Kepala Sekolah mengingatkan bahwa pada akhir November para siswa akan menempuh tes untuk mengukur kemampuan belajar selama 1 semester. Untuk itu,  siswa diharapkan untuk menyiapkan diri sebaik-baiknya. 

Dan keempat, siswa diharapkan tetap menunjukkan karakter yang baik. Contoh kecil adalah penggunaan atribut, kelengkapan seragam, badge identitas kelas.

"Jadi saya mohon untuk badge identitas kelas supaya diperhatikan. Jangan sampai sudah kelas XII, tapi badge identitas masih kelas X. Saya harap ini untuk ditertibkan," pungkasnya. 

Dalam apel itu para siswa yang sudah menorehkan prestasi selama kurun Oktober-November menyerahkan bukti prestasinya kepada pihak sekolah yang diterima secara simbolis oleh Kepala Sekolah. Prestasi-prestasi yang berhasil direbut para siswa meliputi bidang akademik, olah raga, juga  seni budaya 

Berdasarkan rilis bidang kesiswaan, ada 46 daftar prestasi yang diukir para siswa. Sementara pada November hingga apel pagi itu berlangsung, sudah ada 21 prestasi yang dipersembahkan oleh para siswa. 

Orasi Pilketos

Kegiatan apel pagi juga digunakan bidang kesiswaan untuk mengenalkan para kandidat ketua OSIS masa bakti 2022/2023 untuk berorasi menyampaikan visi misinya. 

Ada empat pasang 

kandidat, calon ketua dan wakil, yang akan berlaga pada akhir November ini. Mereka adalah paslon urut 1, yakni Syah Rifad Nugraha (XI MIPA 1) dan Anastasia Ericka Saputra (X-9); paslon urut 2, yakni Adelia Dewi Aninda Putri ( XI MIPA 1) dan  Adya Cantika (X-10); paslon urut 3, yaitu Andrea  Agnimaya Susanto (XI IPS 5) dan Alfira Khairunnisa (X-5); dan terakhir paslon urut 4, yakni  Zacky Ahmad ( XI MIPA 1) dan calon wakilnya Muhammad Akbar Anugrah Syafa (X-12).

Ajang penyampaian visi dan misi dari para paslon ini ternyata mendapat perhatian yang tinggi dari para siswa. Mereka bisa menilai dan menentukan pilihannya dengan mencermati penampilan masing-masing paslon. 

Ani dan Gracia, misalnya. Kedua siswa kelas XII Bahasa ini mengaku sudah menentukan calon ketua OSIS pilihannya setelah mendengar paparan visi-misi yang disampaikan para kandidat.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar