Apel Bela Negara, Asny Eka Tegaskan agar Siswa Menjauhi Bullying

"Jauhi bullying, mari ciptakan suasana SMA Negeri 3 Salatiga yang aman dan nyaman," demikian ditegaskan Asny Eka Indriastuti, S.Pd. dalam Apel Pagi bertajuk Apel Bela Negara pada Senin, 29 Juni 2023 

Apel pagi yang berlangsung di halaman timur Aula Smantisa ini diikuti seluruh siswa kelas X beserta walikelas,  jajaran Tendik pembina OSIS, dan seluruh Paskibra. Sedangkan siswa kelas XI dan XII melaksanakan giat bersih di lingkungan kelas dengan didampingi walikelas masing-masing. 

Apel pagi ini dilaksanakan di halam Aula mengingat kondisi lapangan utama yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan upacara bendera. 

Dalam apel pagi ini, pembina apel Asny Eka menguraikan materi tentang bullying. Dikatakannya, sebuah perilaku bisa dikategorikan sebagai bullying jika memenuhi beberapa syarat. Di antaranya, dilakukan secara sengaja  oleh individu atau kelompok; dilakukan berulang-ulang; ada pihak yang lebih kuat (misalnya secara  fisik, kepandaian,  kecantikan, dll.)

Adapun  jenis bullying dapat berupa fisik verbal, sosial atau relasional, dan cyber bullying yakni bullying yang dilakukan melalui media daring. 

"Biasanya pelaku cyber bullying ini menggunakan akun anonim," terang Asny yang sehari-hari mengampu mapel matematika ini. 

Karena itu, Asny mengingatkan kepada peserta apel bahwa kebijakan mengenai bullying sudah dilegalkan dengan UU. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah kasus bullying di lingkungan satuan pendidikan

Pelaku bullying pun dapat dihukum 3 tahun atau lebih ataupun denda dari puluhan juta hingga lebih dilihat dari akibat atau dampak yang ditimbulkan dari bullying tersebut. 

Di akhir amanatnya, Asny berharap tidak ada kasus bullying di SMA 3 Salatiga. Sementara untuk mencegah kasus bullying, katanya, jika ada yang mengetahui tindak bullying bisa melakukan pencegahan sendiri. Namun jika merasa  tidak mampu, siswa bisa minta bantuan pihak lain

Apel pagi yang berlangsung selama setengah jam itu berlangsung tertib dan lancar.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar