Rejasa, Tanaman Langka Ikon Salatiga yang Selalu Mengundang Tanya

Rejasa, tanaman langka Salatiga yang habitatnya terdapat di SMA Negeri 3 Salatiga selama ini menjadi data tarik masyarakat. Sudah banyak pihak dan tokoh yang berkunjung ke SMA 3 untuk mengetahui lebih jauh mengenai pohon langka ini. Mereka penasaran dengan satu pohon langka ini.  Mereka pun berusaha ikut melestarikannya dengan menangkarkan tanaman ini di lingkungannya. 

Terbaru, kunjungan dalam rangka mengulik Rejasa ini dilakukan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Salatiga Sri Sarwanti, S.H., M.Si. pada Selasa pagi, 9 Januari 2024. Kedatangan Kepala Dinas Persipda yang didampingi seorang asisten itu dalam rangka meminta bibit Rajasa untuk ditanam di halaman gedung Persipda. 

"Tujuan kami ke sini (SMA 3 Salatiga) ada dua. Satu, ingin minta bibit Rejasa untuk di tanam di halaman gedung perpustakaan (daerah)," tuturnya.

"Nah, yang kedua, kebetulan di tempat kami ada kelompok literasi. Salah satu kegiatan kelompok literasi ini adalah membatik. Nanti, daun Rejasa ini akan kami buat motif batik," pungkasnya. 

Kedatangan Sri Sarwanti di SMA Negeri 3 Salatiga disambut Kepala Sekolah Drs. Suyitno, M.Pd. dan Kepala Perpustakaan sekaligus Ketua Adiwiyata Dian Indrihartani, S.Sos, M.Pd.

Sebagai informasi, beberapa pohon Rejasa tumbuh subur di SMA Negeri 3 Salatiga. Tepatnya, di samping gerbang masuk utama SMA 3 sepanjang tembok pembatas sekolah dengan Selasar Kartini. 

Di samping Rejasa, di SMA 3 Salatiga juga banyak tumbuh pohon bungur di sekeliling lapangan utama. Bungur ini akan tampak indah saat meranggas daunnya lalu muncul bunga beraneka warna di ujung rerantingnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar