SMA Negeri 3 Salatiga Menerima Bantuan 500 Bibit Puspa

Sebagai sekolah Adiwiyata, sekolah konservasi, sekolah yang peduli pada lingkungan alam sekitar, SMA Negeri 3 Salatiga dipercaya oleh berbagai pihak untuk diajak menjalin kemitraan. Terbaru,  kemitraan itu terjalin dengan Kayuwangi Environment Foundation Salatiga pada Jumat pagi, 26 Januari 2023. Wujudnya adalah pemberian 500 bibit pohon Puspa. Bantuan bibit diterima oleh Waka Kesiswaan Agus Nugroho, S.Pd. mewakili Kepala Sekolah disaksikan anggota ekstra kurikuler pecinta alam Jaga Bumi beserta pembinanya, Arief Prihastono, S.Pd.

Arief Prihastono mengungkapkan bahwa bibit pohon Puspa itu selanjutnya akan disumbangkan kepada masyarakat Tawang, Batur, Getasan. 

"Bibit-bibit ini nanti untuk penanaman serentak oleh 1000 relawan tanggal 27-28 Januari 2024 mendatang," katanya. 

Sementara salah satu anggota komunitas yang akrab disapa Mas Tri memaparkan bahwa pohon Puspa ini merupakan tanaman epidemik Merbabu. 

"Keistimewaan pohon ini,  jika terjadi kebakaran seperti di Tajuk (Getasan ) tempo hari, meskipun batangnya terbakar, tapi akarnya masih utuh, nanti akan tumbuh lagi." 

Ditambahkan oleh aktivis lingkungan yang juga relawan PMI Salatiga bahwa ada beberapa jenis pohon yang cocok untuk ditanam di Taman Nasional Merbabu. 

"Tapi yang kami serahkan ke SMA 3 ini yang jenis Puspa karena relatif mudah tumbuh dan sangat cocok untuk ditanam di Taman Nasional Merbabu," tuturnya.

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar