Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran adalah serangkaian kriteria atau indikator yang menunjukkan sejauh mana peserta didik sudah mencapai kompetensi pada tujuan pembelajaran. Kriteria ini berfungsi untuk merefleksikan proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik.
Pada kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran terdapat deskripsi yang konkret mengenai keterampilan dan kompetensi yang perlu dikuasai oleh peserta didik sebagai bukti bahwa peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran. Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih atau menyusun instrumen asesment sehingga asesment yang dipilih benar-benar sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Baca juga : Menentukan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran
Ragam kriteria atau indikator yang tercantum dalam assessment sudah dapat dianggap sebagai kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran saat guru merancang tabel ceklis, lembar amatan, rubrik, lembar refleksi, lembar penilaian kelompok atau pirating, jurnal catatan, portofolio, dan sebagainya. Kriteria tercapaian tujuan pembelajaran juga bermanfaat untuk memberikan informasi yang konkret dan komprehensif dalam laporan hasil belajar peserta didik.
Deskripsi:
a. Peserta didik tidak mampu melakukan pengukuran secara mandiri
b. Peserta didik mampu melakukan pengukuran dengan bantuan atau supervisi dari guru atau teman sejawat
Catatan: Deskripsi di atas hanya sebagai contoh dan dapat disesuaikan dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yang berbeda.
#kriteriaketercapaian #tujuanpembelajaran #pendidikan #guru #pesertadidik #belajar
0 Komentar